Tentang Direktorat PPKP

Direktorat Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (PPKP) adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh UBAYA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan. Pembelajaran yang berkualitas ditandai dengan mahasiswa dan lulusan yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu yang dipelajari sehingga mampu menerapkannya dalam berbagai situasi dan permasalahan baru. Pembelajaran yang berkualitas juga ditandai oleh tumbuhnya mahasiswa sebagai pembelajar sepanjang hayat, pemikir yang kreatif dan kritis. PPKP menjadi mitra aktif bagi semua prodi yang ada dan bagi semua dosen UBAYA untuk mencapai visi lulusan dan mahasiswa di atas. Perbaikan pembelajaran secara fundamental menjadi faktor vital yang tak terelakkan untuk mewujudkan visi tersebut.

Dalam mewujudkan visi di atas PPKP mengambil peran dalam mengembangkan inisiatif pembelajaran baru, mengembangkan kemampuan pedagogis tenaga pengajar UBAYA, dan membantu prodi-prodi yang ada untuk mengembangkan dan memantau kurikulum pembelajaran yang ada di UBAYA. Kesemuanya itu diwujudkan dalam beberapa program rutin berikut ini.

  • Lokakarya pembelajaran bagi dosen baru
  • Lokakarya pembekalan asisten dosen
  • Memantau dan me-review kurikulum prodi sesuai kebutuhan yang muncul

Di samping program-program rutin tersebut untuk mencapai visi tersebut PPKP juga mengambil inisiatif dalam pengembangan praktek-praktek terbaik (best practices) dalam pembelajaran, misalnya melalui pengembangan pembelajaran online,  insentif pembuatan video pembelajaran, hibah pembelajaran, dan lain-lain.