Pembuatan Video Pembelajaran

Dalam mengembangkan pembelajaran online di Universitas Surabaya, PPKP menyediakan fasilitas pembuatan video pembelajaran. Fasilitas ini ditujukan untuk seluruh dosen di UBAYA dan untuk proses pembelajaran di lingkungan UBAYA. Fasilitas yang disediakan termasuk proses recording dan edit video pembelajaran sampai video tersebut siap digunakan. Beberapa jenis metode pembuatan video pembelajaran yang saat ini ditunjang oleh PPKP adalah:

1. Studio Recording – Pembuatan video pembelajaran dengan melakukan rekaman di studio pembelajaran PPKP. Untuk metode ini, dosen perlu menyiapkan narasi/storyboard/minimum poin-poin penjelasan bahan ajar yang akan dibahas dalam video pembelajaran tersebut.

2. Screen Recording – Model video pembelajaran ini sangat sederhana. Video pembelajaran terdiri dari rekaman slide powerpoint yang didukung dengan rekaman audio penjelasan dari dosen. Untuk meningkatkan engagement dari partisipan, dosen bisa menampilkan rekaman diri dengan bantuan webcam. Video pembelajaran jenis ini lebih panjang durasinya dan membutuhkan komitmen yang lebih tinggi dari partisipan untuk mengikuti video sampai akhir. Apabila dosen ingin membuat video pembelajaran dengan metode ini, dosen perlu menyiapkan file powerpoint untuk topik yang akan dijelaskan dan melakukan recording di studio PPKP dengan peralatan yang disediakan seperti laptop, webcam, dan microphone.

3. Field Recording – Metode pembuatan video pembelajaran ini sesuai untuk mata kuliah yang bersifat praktek, misalnya praktikum ilmiah, praktek merancang desain, praktek menjahit, dan sebagainya. Dosen bisa menghubungi staf multimedia dan meminta bantuan untuk melakukan recording di laboratorium, tempat dosen biasanya mengajar. Dikarenakan bersifat praktek, maka dosen harus benar-benar melakukan praktek ketika melakukan recording ini. 

4. Classroom Recording – Metode pembuatan video pembelajaran dengan merekam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pada umumnya, dilakukan dengan meletakkan kamera dan merekam dosen dari awal sampai akhir perkuliahan. Dikarenakan merekam seluruh proses pembelajaran, video pembelajaran jenis ini durasinya panjang. Metode ini tidak disarankan dan tidak bisa dilakukan di masa pandemik ini. 

Metode lain untuk membuat video pembelajaran adalah animasi recording. Untuk saat ini, pembuatan video pembelajaran yang full animasi belum bisa ditunjang oleh PPKP. Hal ini dikarenakan pembuatan video animasi prosesnya panjang dan membutuhkan software yang lebih banyak. Bagi dosen yang ingin memanfaatkan fasilitas pembuatan video pembelajaran, bisa langsung menghubungi PPKP melalui email di elearning@unit.ubaya.ac.id atau telpon ke (031) 2981366 untuk membuat jadwal dengan staf multimedia. Anda juga bisa menghubungi PPKP bila ada pertanyaan terkait pembuatan video pembelajaran.

Layanan Video Editing PPKP