Insentif Video Pembelajaran

PPKP mengajak dosen di lingkungan UBAYA untuk berperan aktif dalam pengembangan pembelajaran online melalui program insentif video. Dalam program insentif video, dosen bisa mendapatkan insentif sebesar Rp. 200.000,- untuk setiap video pembelajaran mata kuliah yang disubmit ke PPKP. Video pembelajaran yang disubmit harus memenuhi persyaratan yang dicantumkan dalam:

  1. SK Rektor Universitas Surabaya No. 060 Tahun 2020 tentang pemberian insentif video pembelajaran.
  2. Panduan Pembelajaran Online Universitas Surabaya dalam SK Rektor No. 059 tahun 2020.

Untuk bisa berpartisipasi dalam program insentif video, ada beberapa tahapan yang dilalui yaitu:

  1. Mengisi form pendaftaran di https://linktr.ee/insentifvideo. Satu form pendaftaran berlaku untuk total video yang diproduksi oleh dosen pengusul pada semester mata kuliah tersebut dijalankan.
  2. Mengupload dokumen RPS untuk mata kuliah yang video pembelajarannya didaftarkan dalam program insentif video. Dokumen RPS tersebut harus ditandai di bagian topik atau pertemuan yang akan dibuat video pembelajarannya, serta dengan CPMK yang ingin dicapai. 
  3. Sesudah dosen mengisi form pendaftaran, staf multimedia PPKP akan menghubungi dosen untuk meminta link video pembelajaran yang disubmit. 
  4. Video pembelajaran yang disubmit akan direview oleh tim reviewer dari PPKP. Apabila ada video yang tidak memenuhi persyaratan, maka tim reviewer akan meminta dosen untuk memperbaiki video yang sudah disubmit. 
  5. Video yang sudah selesai direview dan dievaluasi akan diupload ke Youtube dengan menggunakan akun khusus untuk pembelajaran online dari PPKP dengan setting unlisted. Video yang sudah diupload ke Youtube kemudian diembed-kan di ULS mata kuliah dosen. 
  6. PPKP akan menerbitkan surat rekomendasi video pembelajaran kepada Wakil Rektor I untuk diterbitkan surat persetujuan pemberian insentif.  

Bagaimana bila saya kesulitan membuat video pembelajaran?

PPKP menyediakan bantuan dan fasilitas bagi dosen yang masih awam dalam pembuatan video pembelajaran atau tidak memiliki peralatan untuk membuat video pembelajaran. Fasilitas tersebut adalah:

  1. Pendampingan/konsultasi dalam pembuatan video. Hal ini berlaku mulai dari persiapan hingga video pembelajaran siap untuk digunakan. Proses dan frekuensi dari pendampingan/konsultasi disesuaikan dengan kapasitas dan beban kerja staf multimedia PPKP. Apabila sangat diperlukan, PPKP juga bisa memberikan pelatihan terkait pembuatan video.
  2. Peminjaman fasilitas penunjang seperti studio rekaman, laptop dengan software Camtasia (aplikasi untuk membuat video pembelajaran jenis screen recording), microphone, kamera, dan lain sebagainya. 

PPKP mempersilakan dosen yang memilih untuk membuat video pembelajaran secara mandiri. Namun, dosen yang bekerja secara mandiri harus menginformasikan proses perkembangan terkait pembuatan video (termasuk mulai dari pembuatan hingga upload link video pembelajaran di ULS).Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi PPKP melalui email di pembelajaran@unit.ubaya.ac.id atau melalui telpon (031) 2981366.

Poster Insentif Video